Senin, 19 Maret 2012

Twitter Mania - Facebooker Reporter Informasi Terkini



Sebelum menyampaikan bagaimana para penggila facebook dan twitter secara saadar atau tidak menjadi "online dan uptodate reporter" ada beberapa hal yang patut diketahui.

Jejaring sosial, Facebook dan Twitter, memang sarana berbagi cerita, kabar, status, uneg-uneg, yang sangat populer. Dengan media sosial ini, masyarakat bahkan dapat membagi/share foto dan film.

Aliran informasi yang ingin disampaikan biasanya hanya ditujukan kepada orang-orang terdekat, keluarga, teman, rekan kerja, dan sebagainya.

Namun patut diketahui, secara bawaan/default penyampaian kabar/informasi/status pada Facebook maupun Twitter umumnya terseting untuk konsumsi publik.

Singkatnya, dengan perangkat search engine yang benar, maka semua informasi/kabar/status seantero dunia dapat terlihat.

Terlepas dari pro-kontra bahwa informasi yang disampaikan hanya untuk kalangan tertentu, sebenarnya para pengguna facebook dan twitter telah menyumbang bagi perkembangan dan penyampaian informasi publik yang revolusioner.

Update status pada twitter yang paling mudah dilihat, fasilitas untuk melihat status publik disediakan dalam layanan search engine Bing Sosial, nah ini dia linknya http://www.bing.com/social

Sementara untuk melihat status kategori publik di facebook, anda dapat menggunakan Openbook, dan ini linknya http://youropenbook.org

Penggunaan layanan ini hanya perlu mengetikkan kata terkait informasi yang dicari dalam kotak pencarian dan kemudian hanya menekan enter, walaaaaa semua status/informasi publik yang dengan berhubungan dengan kata kunci akan terlihat secara uptodate.

Kenapa layanan ini? karena search engine biasa seperti google dan lain-lain, memiliki akses yang sangat terbatas untuk menggunakan informasi dari facebook maupun twitter.

Untuk Bing Social, layanan ini dikelola oleh jasa korporasi, sementara Openbook merupakan hasil karya dari orang-orang yang mengkritik facebook.

Baru-baru ini, sempat terjadi kekisruhan antara ormas dengan masyarakat di Kota Pontianak, Kalbar,  Dengan hanya mengetikkan kata kunci, segala informasi/status terkait kejadian tersebut langsung tertera.

Anda dapat bayangkan, mendapat informasi langsung dari saksi mata yang berada ditempat kejadian, tentunya sangat bermanfaat. Kadang memang hanya komentar belaka sih.

Begitu banyak yang memberikan kontribusi status/informasi, mulai dari anak sekolahan, remaja, pegawai negeri, aparat, LSM, bahkan provokator sekalipun. Karena itu anda harus cermat dalam mengakses informasi yang diterima.

Semakin gempar atau populer kejadian yang kita cari informasinya, maka semakin luar biasa arus informasi/status di twitter dan facebook.

Luar biasanya informasi selalu diperbarui bersamaan dengan saat facebooker atau twitter mania mengetikkan status. Tak hanya informasi tulis, namun juga foto dan video terkait yang di-attach, dapat anda akses atau download.

Informasi yang anda terima, sangat sangat sangat cepat jika dibandingkan/mengharapkan berita dari web media online.

Untuk saat ini, saya lebih menyarankan penggunaan Bing Social untuk melihat status Twitter, karena penyedia jasa layanan ini telah bekerjasama dengan Twitter.

Sementara untuk Openbook bagi melihat status publik Facebook, memiliki keterbatasan dalam mengakses maupun dalam kecepatan mengupdate status publik facebook. Maklumlah, Openbook hanya merupakan karya kelompok orang saja, yang tidak berniat mencari keuntungan.

Tidak ada komentar: